KONSEP DASAR INTERIOR RUMAH DIPADUKAN DENGAN KERAJINAN TEMBAGA DAN KUNINGAN

Rumah secara harfiah dimaknai sebagai sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal dalam kurun waktu tertentu. Secara lebih mendalam makna rumah bukan saja sebagai hunian fisik tetapi juga sebagai pengikat hati dan pikiran, dalam hal ini rumah dapat menciptakan rasa nyaman, tenang dan kebahagiaan didalam hati. Ada rasa selalu ingin cepat kembali ke rumah, seolah ada magnet yang mengikat antara perasaan dan hunian yang kita tempati. Setelah seharian penat dengan pekerjaan kantor, tak sedikit dari kita yang ingin segera pulang dan melepas lelah setelah berada dirumah.

Oleh karena itulah, penataan interior rumah memiliki peran yang sangat penting dalam membangun mood penghuninya. Penataan  interior rumah yang baik akan membawa pengaruh positif  bagi penghuninya. Dalam hal ini ada beberapa konsep-konsep interior yang lazim dipakai untuk memenuhi kebutuhan interior rumah anda, seperti ; konsep rustic, konsep klasik, konsep modern minimalis dan konsep futuristic.Tentulah ada perbedaan penerapan dari masing-masing konsep diatas.Pada artikel kali ini akan dijabarkan mengenai perbedaan penerapan konsep-konsep tersebut untuk memenuhi kebutuhan interior rumah anda.

Konsep Rustic

Adalah konsep interior yang mengedepankan penggunaan bahan atau peralatan yang berbasis alam, bukan peralatan yang dihasilkan oleh pabrik. Misalnya dengan penggunaan kayu pada setiap sentuhan furniture yang ada, dengan menggunakan hasil kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh pengrajin. Kerajinan yang berbahan dasar tembaga dan kuningan yang dipahat langsung oleh para pengrajin yang berpengalaman di bidangnya. Ada banyak contoh hasil kerajinan tembaga dan kuningan yang bisa diterapkan untuk konsep ini, misalnya meja tembaga mix kayu jati, kursi kayu lapis kuningan dan mangkok buah-buahan berlapis tembaga atau kuningan. Konsep rustic ini menggambarkan berbagai variasinya dengan penekanan terhadap alam dan unsur natural. Kelebihan dari konsep rustic ini yaitu meminimalkan penggunaan bahan finishing sehingga sangat mengandalkan kualitas material produknya, dan konsep ini lebih ramah lingkungan tanpa memakai bahan material yang berbahaya atau beracun.

Set Meja Kuningan
Meja Tembaga

 

Mangkok Tembaga Berlapis Kayu

Konsep Klasik

Pada konsep klasik ini, gaya yang digunakan mengacu pada gaya romawi dan yunani yang berbasis harmonisasi yang sempurna sehingga dapat menciptakan titik focus (focal point) yang megah. Contoh dari penggunaan furniture bergaya konsep klasik yaitu dengan menggunakan wall décor tembaga dan kuningan yang dipasang pada dinding, dengan pemasangan yang sedikit keatas sehingga menjadi titik focus pemandangan bagi orang-orang yang melihatnya. Wall décor ini dapat dibuat sesuai dengan tema yang diinginkan (custom theme) misalnya ; wall décor dengan nuansa agamis religius seperti pahatan perjamuan kudus, pahatan kutipa ayat suci Al Qur’an ataupun hadits dan hiasan dinding berupa wall décor tembaga berbentuk matahari. Pemilihan konsep klasik ini akan menghasilkan tampilan produk yang elegan dan mewah, yang akan memanjakan setiap mata yang menatapnya.

Wall Decor Tembaga

Wall Decor Kuningan

Konsep Modern Minimalis

Konsep ini mengacu pada fungsionalitas sebuah ruangan. Efisiensi dan efektivitas penggunaan furniture dan perabotnya menjadi kunci pada konsep ini. Beberapa contoh furniture yang dapat diterapkan pada konsep ini adalah penggunaan vas bunga, cermin rias dan wastafel. Semua furniture tersebut menggunakan bahan dasar tembaga dan kuningan, selain perabot tersebut memiliki fungsi masing-masing, perabot tersebut  juga memperindah ruangan yang ada.

Vase Tembaga
Vase Tembaga
Replika Tas Tembaga

Wastafel Tembaga
Wastafel Tembaga
Cermin Tembaga
Cermin Kuningan
Cermin Tembaga

Konsep Futuristic

Konsep ini didasarkan pada imajinasi tentang sebuah objek dimasa depan, biasanya menggunakan bahan dasar logam atau sejenisnya. Penerapan konsep ini bersifat subjektif dan iconic, imbasnya konsep ini mengandalkan kreatifitas untuk menghasilkan sebuah furniture yang berbeda dengan yang lainnya. Contohnya penggunaan meja dan kursi full berbahan kuningan, hiasan dinding berupa relief tentang masa depan berbahan dasar kuningan dan tembaga yang ditanam didinding ruangan anda. Masing-masing dari contoh tersebut dapat dibuat custom atau sesuai dengan tema yang anda inginkan. Jadi pada konsep ini anda dapat menuangkan ide-ide kreatif anda untuk dapat diaplikasikan pada furniture yang anda inginkan.

Meja Kuningan
Wall Decor Kuningan
Wall Decor Tembaga
Kursi Tembaga
Wall Decor Tembaga

Demikianlah penjabaran tentang konsep-konsep dasar interior yang sering diterapkan dewasa ini. Artikel ini sengaja dilengkapi dengan gambar-gambar pendukung penjelasan yang disampaikan, dengan harapan pembaca dapat memahami maksud dari masing masing konsep tersebut. Jadi, sudahkah anda menentukan konsep yang akan anda terapkan untuk melengkapi desain interior rumah hunian anda? Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk cepat menentukan konsep yang sesuai ya…..

Salam…

Posts created 21

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas