SEJARAH PUSAT KERAJINAN TEMBAGA DAN KUNINGAN

“wis terusno, mbesuk bakal dadi dalan rejekimu..”

(sudah, teruskanlah, kelak akan menjadi jalan rejekimu..)

Begitulah pesan nasehat sang Raja keraton Surakarta hadiningrat berpuluh tahun silam, ketika tak sengaja sang raja melihat aktifitas para warga di dusun tumang, cepogo. Sejak jaman dahulu, dusun tumang memang terkenal dengan para pengrajin kerajinan tembaga dan kuningan, mereka memperbaiki berbagai alat dapur yang berbahan dasar tembaga dan kuningan.

Sampai saat ini, mayoritas masyarakat dukuh tumang pun masih menjadi pengrajin kerajinan tembaga dan kuningan. Berbeda dengan jaman dahulu, mereka hanya membuat dan memperbaiki alat rumah tangga yang berbahan dasar tembaga, sekarang ini mereka telah mengembangkan kemampuan mereka dalam membuat aneka kerajiinan tembaga dan kuningan. Kerajinan yang biasa mereka kerjakan diantaranya;

Kerajinan Lampu Robyong

Lampu robyong mempunyai ciri khas sendiri,yakni mempunyai banyak tangkai yang menyerupai gurita.Lampu robyong selain memancarkan banyak cahaya  dari setiap pancaran lampu yang terpasang di tangkainya,lampu robyong juga memberi nuansa klasik di ruangan anda.

Kerajinan Lampu Robyong
Kerajinan Lampu Robyong

Banyak seniman mengkreasikan model dari lampu robyong ini,mulai dari satu susun tangkai,bahkan sampai tiga susun tangkai sekalipun.Bahan juga tidak harus tembaga,lampu robyong dari Kuningan tidak kalah menariknya dari yang berbahan tembaga.

Kerajinan Kaligrafi

Dalam sejarah peradaban Islam, seni tulis huruf Arab yang isinya berupa potongan ayat Alqur’an atau Hadits Nabi SAW ini mempunyai tempat yang sangat istimewa. Banyak kalangan muslim mengeskpresikan gairah seninya antara lain lewat Kerajinan kaligrafi ini. Karya-karya kaligrafi ini banyak menjadi hiasan di banyak bidang, mulai dari bangunan, koin, seni dekoratif, permata, tekstil, senjata sampai manuskrip.

 

Kerajinan Kaligrafi
Kerajinan Kaligrafi
Kerajinan Kaligrafi

Kerajinan Kaligrafi ini dalam perkembanganya tidak hanya di aplikasikan dalam kertas saja,namun kini dikembangkan dalam seni pahatan yang diaplikasikan dalam bahan tembaga dan kuningan.Kerajinan kaligrafi dari tembaga dan kuningan ini tentunya memiliki nilai artistik tersendiri,seni pahatanya yang indah dan detail memberikan keistimewaan tersendiri.

Kerajinan Patung Tembaga

Perkembangan seni patung di Indonesia berhubungan erat dengan perkembangan seni ukir. Kabarnya, bangsa Indonesia telah mengenal seni ukir pada tahun 1500 SM. Saat itu, nenek moyang mengukir kapak batu dengan menggunakan bahan dan peralatan yang sangat sederhana. Motif yang dibuat hanya berupa garis, titik atau lengkungan.

Kerajinan Patung Tembaga
Kerajinan Patung Tembaga

Kerajinan patung tembaga motifnya mulai beragam,dari bentuk Figuratif , jenis patung yang dibuat dengan meniru bentuk objek yang ada dalam kehidupan nyata. Contohnya seperti bentuk manusia, bentuk hewan, atau bentuk tumbuhan yang dibuat menyerupai bentuk aslinya.

Kerajinan Anyaman Tembaga

Kerajinan anyaman perlu memperhatikan fungsi dan keindahan benda yang akan dibuat. Pemilihan bahan yang tidak tepat dapat menyebabkan benda anyaman mudah rusak. Benda anyaman mungkin juga tidak indah, dan tidak aman untuk di gunakan.

Kerajinan Anyaman Tembaga
Kerajinan Anyaman Tembaga
Kerajinan Anyaman Tembaga

Membuat keranjang dan bakul dipilih bahan tembaga dan kuningan, karena selain kuat,tembaga dan kuningan juga mudah dibentuk.Tembaga dan kuningan bersifat lunak, serta mudah dihaluskan Oleh karena itu, kerajinan anyaman dari tembaga dan kuningan aman digunakan, kuat, dan indah.

Dukuh Tumang Terkenal Sebagai Sentra Kerajinan Tembaga dan Kuningan yang Diakui Kualitasnya Baik oleh Konsumen dari Dalam Negeri Maupun oleh Konsumen Luar Negeri.

Pengrajin dukuh tumang adalah para pengrajin nomor wahid dalam mengerjakan berbagai macam kerajinan tembaga dan kuningan, dengan tangan mereka yang terampil dan berpengalaman selama belasan tahun, mereka sanggup menghasilkan kerajinan serupa karya seni yang menawan hati siapapun yang melihatnya. Hasil kerajinan yang mereka buat tidak saja dinikmati oleh konsumen dalam negeri saja, tetapi juga konsumen dari luar negeri. Para konsumen puas dengan hasil kerajinan yang rapi, halus dan corak warna yang menawan, itulah sebabnya banyak diantara para konsumen yang menjadi pelanggan tetap produk kerajinan tembaga dan kuningan untuk melengkapi perabot rumah tangga maupun tempat usaha mereka dengan produk kerajinan tembaga dan kuningan ini.

Lengkapi kebutuhan interior dan eksterior rumah anda bersama akassia-craft.

 

Posts created 16

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas